Senin, 14 Oktober 2013

ETIKA PROFESI

ETIKA PROFESI


  1. Pengertian Profesi

Profesi dapat diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan sebagai nafkah hidup dengan mengandalkan keahlian dan keterampilan yang tinggi dan dengan melibatkan komitmen pribadi yang mendalam. Dengan demikian orang profesional adalah orang yang melakukan suatu pekerjaan karena ahli di suatu bidang dan meluangkan seluruh waktu, tenaga dan perhatiannya untuk pekerjaan tersebut.

Orang yang profesional adalah orang yang mempunyai komitmen pribadi yang mendalam atas suatu pekerjaan. Ia melibatkan seluruh dirinya (keahlian dan keterampilan) dan mengerjakan pekerjaan tersebut dengan giat, tekun dan serius. Orang yang profesional mempunyai disiplin kerja yang tinggi. Disiplin ini tidak pertama-tama dipacu dari luar oleh lingkungan, oleh aturan, oleh atasan atau orang lain melainkan dari dalam diri sendiri. Disiplin, giat, ketekunan dan keseriusan adalah perwujudan dari komitmen pribadi.

Berdasarkan pengertian profesi di atas dapat dikatakan bahwa orang yang profesional meluangkan seluruh waktunya untuk pekerjaannya dan mencari nafkah dari pekerjaannya. Ini berarti, orang tersebut harus memperoleh imbalan yang sesuai dan memadai atas pekerjaan yang dilakukannya yang memungkinkannya untuk hidup secara layak sebagai manusia. Hanya dengan imbalan yang layak, kita bisa menuntut dan mengharapkan seseorang untuk bekerja dengan tekun, rajin, giat dan serius. Tanpa itu, siapan pun akan bersikap tidak profesional dengan melepaskan tanggung jawabnya dan mencari pekerjaan lain karena tuntutan pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Dengan demikian profesi memang sebuah pekerjaan akan tetapi tidak begitu saja seperti pekerjaan pada umumnya. Profesi mempunyai tuntutan yang sangat tinggi, bukan saja dari luar tetapi dari dalam diri orang itu sendiri. Tuntutan ini menyangkut tidak hanya keahlian, melainkan juga komitmen moral seperti tanggung jawab, keseriusan, disiplin dan integritas pribadi.




*Sumber: Etika Bisnis (DR. A. Sonny Keraf:2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar