Penulis : Teguh
Budiarto
Penerbit :
Gunadarma
Tanggal Terbit :
1993
Jumlah Halaman : 195
Jenis Cover : Soft
Cover
Kategori : Ekonomi
(Pemasaran)
Teks : Bahasa
Indonesia
Pemenuhan kebutuhan dan keinginan serta nilai kualitas
jasa sangat ditentukan oleh tingkat kepentingan maupun kepuasan
pelanggan sebagai pemakainya. Pelayanan yang kurang memuaskan akan
menyebabkan berkurangnya konsumen atau bahkan hilang karena
konsumen berpindah ke jasa layanan lain. Hal ini merupakan tantangan
besar bagi perusahaan dalam membangun citra perusahaan yang tidak
hanya mampu membuat dan membangun tapi juga dapat memberikan
pelayanan yang memuaskan. Oleh sebab itu perusahaan perlu mengetahui
perilaku pelanggan dalam membeli, menggunakan dan mengevaluasi jasa
dalam rangka pemenuhan dan pemuasan kebutuhan.
Setiap perusahaan
memiliki tantangan untuk tetap
mempertahankan usahanya antara lain bagaimana menjaga kualitas
pelayanan agar dapat bersaing dengan produk serupa dan juga produk
pengganti lainnya yang saat ini semakin banyak bermunculan. Salah
satu faktor yang harus diperhatikan dalam menjaga kualitas pelayanan
yaitu dengan memberikan pelayanan yang memuaskan, sesuai dengan atau
melebihi harapan pelanggan. Sehingga dirasakan sangat penting untuk
mengetahui pelayanan yang diharapkan oleh pelanggan.
Bila ditinjau dari sudut pandang perusahaan, salah satu
cara yang efektif dalam melakukan diferensiasi adalah melalui jasa
atau pelayanan yang diberikan. Hal ini membawa perubahan yang cukup
mendasar dalam bisnis utama suatu perusahaan. Sebagai contoh, semakin
banyaknya bisnis utama restoran bergeser dari sekedar menyediakan
segala macam makanan untuk dijual, menjadi usaha melayani dan
memuaskan rasa lapar pelanggan dengan disertai usaha menyediakan
suasana yang kondusif bagi pelanggan untuk menikmati hidangan. Bahkan
tidak jarang pula di restoran disajikan pula hiburan musik.
Analisis mengenai tingkat kepuasan pelanggan ini
nantinya dapat dijadikan sebagai dasar untuk menentukan strategi dan
program pemasaran yang relevan pada situasi dan kondisi saat ini.
Konsep strategi yang baik membutuhkan perumusan masalah yang
berlandaskan kepada wawasan yang lebih luas.
Manajemen pemasaran mengenal konsep
bauran pemasaran (Marketing
Mix) sebagai
variabel-variabel keputusan yang dapat dikendalikan oleh manajemen
untuk mencapai tujuan perusahaan. Di dalam konsep bauran pemasaran
(Marketing Mix)
terdapat 7 variabel yaitu produk (product),
harga (price),
promosi (promotion)
dan tempat (place),
proses (process),personil
(personil),
dan fasilitas fisik (physical
facility).
Analisis tingkat kepuasan pelanggan memberikan landasan
yang baik untuk memahami dan memanfaatkan lebih efektif lagi konsep
dan metode-metode pemasaran produk bagi strategi dan program
pemasaran. Strategi dan program pemasaran diperlukan untuk mengatasi
permasalahan pemasaran yang kompleks melalui pendekatan terhadap
sistem nyata di dalam perusahaan.
Dalam
rangka membahas masalah pemasaran, Penerbit Gunadarma menerbitkan
sebuah buku yang berjudul Dasar Pemasaran. Buku ini dirancang untuk
memenuhi kebutuhan mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah
Manajemen Pemasaran. Meskipun demikian, buku ini juga dapat
dipergunakan untuk memberi dasar bagi praktisi, atau siapa saja yang
mempunyai minat terhadap pengetahuan pemasaran dengan mudah karena
disampaikan dengan sistematika dan uraian yang sederhana.
Materi
Dasar Pemasaran ini meliputi pemahaman tentang pengertian pasar,
bauran pemasaran (product, price, place, promotion), pemasaran
internasional, serta penelitian pemasaran. Dijabarkan dalam 12 bab
yang dapat dipelajari dalam dua semester. Setiap akhir bab diberikan
soal-soal pilihan berganda untuk melatih pemahaman dengan baik.
Meskipun
disampaikan secara sederhana, tetapi karena beberapa pengertian
disampaikan dalam bentuk skema, maka buku ini akan dapat dipahami
dengan lebih mudah dan menyeluruh.
Kekurangan
dari buku ini adalah penjilidannya, karena proses penjilidan yang
kurang baik membuat kertas-kertas pada buku ini mudah lepas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar